Yang Boleh Dan Tak Boleh Dikatakan Saat Teman Sedang Depresi - mabesdenny
Depresi
sumber foto : ruangtunggu.com
Yang Boleh Dan Tak Boleh Dikatakan Saat Teman Sedang Depresi - Hidup ini memang bagaikan roda yang berputar, terkadang kita berada di atas terkadang kita berada di bawah. Hidup ini juga tidak mulus begitu saja pasti akan ada masalah-masalah yang dihadapi, namun banyak orang yang masih menganggap masalah dan kegagalan sebagai sebuah akhir bukannya sebuah pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga mereka menjadi depresi berat.

Setiap orang bahkan saya sendiri pernah merasakan depresi, namun ada orang yang dapat mengatasinya lalu bangkit dan ada juga yang terlarut dalam depresi sehingga tidak bisa bangkit kembali. Jika, kalian melihat seorang teman kalian sedang depresi tentunya kalian akan berusaha untuk menghiburnya sehingga dia tidak terlarut dalam depresinya. Namun, tahukah kalian ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dikatakan ketika teman kalian sedang depresi. Apa sajakah hal tersebut? Mari kita cek hal tersebut yang saya kutip dari Depression Alliance :

SAYA SELALU DI SAMPINGMU
Yang boleh dikatakan :
"Kamu tidak sendiri."

Yang tak boleh dikatakan :
"Ada orang yang lebi buruk dari kamu."

KAMU PENTING
Yang boleh dikatakan :
"Kamu penting untuk saya."

Yang tak boleh dikatakan :
"Tak ada yang bilang, hidup itu adil."

BIARKAN SAYA MEMBANTUMU
Yang boleh dikatakan :
"Kamu ingin dipeluk?"

Yang tak boleh dikatakan :
"Stop mengasihani diri sendiri."

SELALU ADA HARAPAN
Yang boleh dikatakan :
"Kita berada di dunia ini untuk saling membantu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Coba jangan terlalu putus asa."

KAMU AKAN BISA MELEWATINYA
Yang boleh dikatakan:
"Ketika semua ini berakhir, saya tetap di sini begitu juga kamu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Semua ini salahmu sendiri."

SAYA AKAN BERUSAHA UNTUK MENGERTI
Yang boleh dikatakan :
"Saya benar-benar tidak mengerti apa perasaanmu, tapi saya bersimpati denganmu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Percayalah, saya tahu bagaimana perasaanmu. saya juga pernah depresi selama beberapa hari."

KAMU TAK MEMBUAT SAYA PERGI
Yang boleh dikatakan :
"Saya tak akan pergi atau meninggalkanmu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Saya rasa depresimu itu cara untuk menghukum kita."

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan. Tujuan kita yang baik untuk menghibur teman yang depresi bisa menjadi salah jika mengakatakan hal-hal yang tida boleh dikatakan. Jadi, hiburlah temanmu buat dia bangkit dan menjadi orang yang lebih hebat dari sebelumnya. Sekian infonya moga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung :)

Yang Boleh Dan Tak Boleh Dikatakan Saat Teman Sedang Depresi

Depresi
sumber foto : ruangtunggu.com
Yang Boleh Dan Tak Boleh Dikatakan Saat Teman Sedang Depresi - Hidup ini memang bagaikan roda yang berputar, terkadang kita berada di atas terkadang kita berada di bawah. Hidup ini juga tidak mulus begitu saja pasti akan ada masalah-masalah yang dihadapi, namun banyak orang yang masih menganggap masalah dan kegagalan sebagai sebuah akhir bukannya sebuah pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga mereka menjadi depresi berat.

Setiap orang bahkan saya sendiri pernah merasakan depresi, namun ada orang yang dapat mengatasinya lalu bangkit dan ada juga yang terlarut dalam depresi sehingga tidak bisa bangkit kembali. Jika, kalian melihat seorang teman kalian sedang depresi tentunya kalian akan berusaha untuk menghiburnya sehingga dia tidak terlarut dalam depresinya. Namun, tahukah kalian ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dikatakan ketika teman kalian sedang depresi. Apa sajakah hal tersebut? Mari kita cek hal tersebut yang saya kutip dari Depression Alliance :

SAYA SELALU DI SAMPINGMU
Yang boleh dikatakan :
"Kamu tidak sendiri."

Yang tak boleh dikatakan :
"Ada orang yang lebi buruk dari kamu."

KAMU PENTING
Yang boleh dikatakan :
"Kamu penting untuk saya."

Yang tak boleh dikatakan :
"Tak ada yang bilang, hidup itu adil."

BIARKAN SAYA MEMBANTUMU
Yang boleh dikatakan :
"Kamu ingin dipeluk?"

Yang tak boleh dikatakan :
"Stop mengasihani diri sendiri."

SELALU ADA HARAPAN
Yang boleh dikatakan :
"Kita berada di dunia ini untuk saling membantu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Coba jangan terlalu putus asa."

KAMU AKAN BISA MELEWATINYA
Yang boleh dikatakan:
"Ketika semua ini berakhir, saya tetap di sini begitu juga kamu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Semua ini salahmu sendiri."

SAYA AKAN BERUSAHA UNTUK MENGERTI
Yang boleh dikatakan :
"Saya benar-benar tidak mengerti apa perasaanmu, tapi saya bersimpati denganmu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Percayalah, saya tahu bagaimana perasaanmu. saya juga pernah depresi selama beberapa hari."

KAMU TAK MEMBUAT SAYA PERGI
Yang boleh dikatakan :
"Saya tak akan pergi atau meninggalkanmu."

Yang tak boleh dikatakan :
"Saya rasa depresimu itu cara untuk menghukum kita."

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan. Tujuan kita yang baik untuk menghibur teman yang depresi bisa menjadi salah jika mengakatakan hal-hal yang tida boleh dikatakan. Jadi, hiburlah temanmu buat dia bangkit dan menjadi orang yang lebih hebat dari sebelumnya. Sekian infonya moga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung :)

42 comments:

  1. Replies
    1. hha yang di bawah jangan sewot ya :D

      Delete
    2. sini yg pake topi saya cipok basah

      Delete
    3. jangan sampe ngecap ya mas ntar dimarahin istrinya

      Delete
  2. kebetulan tetangga saya ada yang sedang depresitragis mang, praktekin ah tutorial soal yang boleh dan ngga bolehnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mang mudahan tetangganya gak depresi lagi :)

      Delete
  3. Ini dia layaknya teman sejati harus benar2 bisa menghibur disaat temannya sedang mengalami depresi,

    ReplyDelete
  4. Perlu dihafalin nih apalagi sekarang lagi musim ujian pada depresi tuh ngerjain soal

    ReplyDelete
  5. tidak boleh sembarangan ngomong juga kalau ada teman depresi

    ReplyDelete
  6. nah bener banget nih jika ada teman kita yang sedang depresi sebaiknya kita mengeluarkan kata-kata yang bisa sedikit menenangkan bukan malah membuat teman semakin tertekan dan merasa bersalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namun banyak kata-kata yang kita anggap benar ternyata salah

      Delete
  7. informasinya sangat menarik, saya tunggu artikel" selanjutnya yang lebih menarik ya gan.
    thanks gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap hhe
      terima kasih atas kunjungannya dan saya senang jika artikel saya dapat memberikan manfaat :)

      Delete
  8. intinya kita mesti memberikan support dengan kata dan cara yg benar yamas,agar tidak timbul salah penafsiran

    ReplyDelete
  9. Ada juga yang tidak boleh dikatakan pada teman yang sedang depresi. Berarti kalau sedang nggak depresi dibalik aja ya mas denny. Gimana reaksinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi gak depresi berkatalah tetap yang baik dan jika bercanda jangan keterlaluan itu saja haha :D

      Delete
  10. wah jadi belajar tentang bagaimana menjadi sahabat yan gbaik ya mas, ini bisa juga untuk istri dan keluarga kan :D

    ReplyDelete
  11. Sepertinya, setiap manusia berpotensi mengalami depresi, mas. Mungkin kadarnya yang berbeda. Namun menghadapi teman yang sedang depresi kita harus berhati-hati juga berkata. Terima kasih sharingnya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya uda sama halnya dengan menjinakkan bom salah-salah justru meledak

      Delete
  12. Intinya kita harus bisa saling memotivasi ya, biar tetap semangat selalu dalam hidup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas roji oleh karena itu manusia juga disebut makhluk sosial

      Delete
  13. boleh juga nih informasinya, bisa di peraktekin ntar sama tmn yang depresi hihihix

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dipraktekin semoga temannya gak depresi lagi :)

      Delete
  14. keren artikelnya sangat menarik dan juga bermanfaat,
    thanks ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama terima kasuh juga atas kunjungannya :)

      Delete
  15. harus lihat-lihat dulu kalau teman algi depresi harus menghindari semua kata-kata diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas menghibur teman yang sedang depresi seperti menjinakkan bom salah-salah bisa meledak

      Delete
  16. okeeey gan, stelah saya amati kalimat "yang tidak boleh dikatakan"
    mngartikan bahwa itu bukan solusi tapi malah bikin temen kita yang harus denger curhatan kita. disaat teman sedang terpuruk bukankah mereka membutuhkan solusi bukan cerita yang sama bukan?
    ya tepat sekali gan, kita harus memberi solusi, memberinya semangat & harapan, atau hanya sebatas menjadi pendengar itu bisa lebih baik lagi, buat teman kita menjadi sangat nyaman karena yang ia butuhkan hanya ingin didengarkan dengan sejuta keluh kesahnya.
    :)
    visit blog saya juga ya gan, smoga bisa sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba inna
      sudah saya kunjungi blognya :)

      Delete
  17. Ini perlu di cermati oleh para remaja yang sedang broken hearth bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebab kalau broken heart pasti langsung depresi tu

      Delete
  18. Orang yang depresi harus mendapatkan perhatian penuuh dari ortu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali orang-orang terdekat lebih khususnya

      Delete
  19. Ini perlu di cermati oleh para remaja yang sedang broken hearth bro!

    ReplyDelete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)