Masih Kurang Efektif


Indonesia
Masih Kurang Efektif - Hasil yang cukup bagus buat timnas Indonesia pada partai perdana di Piala AFF dapat menghancurkan Malaysia dengan skor yang telak yaitu 5-1 buat kemenangan Indonesia meski Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol yang dicetak Norshahrul Idlan pada menit ke-18. gol ini terjadi karena serangan balik Malaysia yang cepat dan gagalnya Hamka Hamzah menghadang laju Safee Bin Mohammad Sali yang memberi umpan kepada Norshahrul Idlan yang berdiri bebas dan tinggal berhadapan dengan Markus Horrison.

Indonesia mulai melancarkan serangan tetapi serangan Indonesia sangat monoton sehingga mudah untuk diantispasi pemain Malaysia. Akhirnya pada menit ke-21 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri pemain belakang Malaysia. Gol ini berawal dari keberanian M. Nasuha melakukan akselerasi di sisi kanan pertahanan Malaysia dan melepaskan umpan yang ditujukan kepada Bachdim, namun dengan cerdik Bachdim sengaja membiarkan umpan tersebut dan pemain Malaysia salah mengantisipasi sehingga masuk ke gawangnya sendiri.

Indonesia makin bersemangat menyerang tetapi lagi-lagi pola serangan yang monoton dengan passing-passing jauh yang mudah untuk diantisipasi dan yang dituju selalu saja Gonzales atau Bachdim. Pola serangan Indonesia haru slebih kreatif dan minimnya support yang diberikan gelandang untuk membantu penyerangan. Di lini belakang juga butuh koordinasi terlihat beberapa kali pemain Malaysia terlepas dari penjagaan. Pada saat pertandingan berjalan 33 menit Indonesia menjadi unggul lewat gol yang dicetak oleh Christian "El Loco" Gonzales setelah menerima umpan dari Firman Utina dan melawati seorang bek Malaysia sebelum melepaskan tendangan yang datar dan akurat mengincar pojok kanan gawang Malaysia. Kedudukan menjadi 2-1 sampai babak pertama usai.


Kick Off babak kedua dimulai Indonesia bermain lebih santai dan langsung menggebrak pertahanan Malaysia. Pada menit ke-52 Indonesia berhasil menabah gol melalui M. Ridwan seelah melakukan kerjasama satu dua dengan Ahmad Bustomi. Tertinggal 2 gol membuat Malaysia semakin gencar melakukan serangan melalui kedua penyerangnya namun Markus Horisson terlalu tangguh sehingga gawang Indonesia masih aman. Pemain keturunan Indonesia Irfan Bachdim nyaris menambah skor buat Indonesia sayangnya tendangan kerasnya masih mampu ditepis kiper Malaysia.


Pada menit ke-74 Ahmad Bustomi diganti dengan Arif Suyono. Pergantian ini sungguh tepat karena Arif Suyono langsung mencetak gol dalam rentang waktu 2 menit setelah dia masuk setelah memanfaatkan kesalahan bek Malaysia dengan tenang dia menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang Malaysia. 4-1 skor sementara untuk keunggulan Indonesia.


Gonzales sudah kelihatan sangat kelelahan karena faktor usia, akhirnya dia digantikan oleh Bambang Pamungkas pada menit ke-85. Kurang puas dengan skor 4-1 Indonesia menambah keunggulan lewat gol pemain yang bersinar pada pertandingan tersebut yaitu Irfan Bachdim setelah menerima umpan dari Okto Maniani. Dengan kemenangan ini Indonesia memuncaki klasmen grup A dengan nilai 3.


Dari pertandingan tersebut masih banyak PR buat pelatih Indonesia Alfred Riedl. Masih kurangnya koordinasi, seringnya salah passing, permainan yang monoton kurang kreatif dalam melancarkan serangan, dan terlalu bergantungnya kepada Irfan Bachdim dan El Loco Gonzales.(Denny Aditia)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)