A Sport That Have Change My Life


Parkour
A Sport That Have Change My Life - Coba kalian lihat orang digambar sebelah, pasti kalian pikir ini orang ngapai,kurang kerjaan banget atau ada yang mengira orang ini maling, dsb. Tapi bukan orangnya tapi olahraga yang dilakukannya itulah yang dapat membuatku menjadi pribadi yang lebih baik. Nama olahraga tersebut adalah "PARKOUR" pasti kalian juga bertanya apa itu parkour? wajar saja karena olahraga ini tidak sepopuler olahraga lainnya seperti sepak bola, bola basket, bola voli, dsb.

Walau tidak sepopuler olahraga di atas menurutku parkour olahraga yang sangat penuh akan makna dan merupakan dasar yang dapat menunjang olahraga lainnya. Pengalamanku soal parkour tidaklah banyak karena aku baru melakukannya selama 2 bulan dan saat bulan ramadhan ini aku berhenti sementara, tetapi manfaat dari parkour itu sendiri dapat kurasakan dan hebatnya manfaat itu takkan disadari sebelum kamu melakukan hal lain, misalnya sebelum aku parkour aku cepat lelah dan lemah, tetapi setelah aku ikut parkour awalnya aku merasa tidak ada gunanya tetapi setelah aku melakukan hal lain aku mulai merasakannya aku bertambah kuat. Parkour juga menunjang olahraga lain seperti sekerang staminaku saat futsal lebih kuat dan aku menjadi lebih gesit. Parkour ini telah melatih fisik dan konsentrasiku. Oh iya aku upa menjelaskan apa itu "PARKOUR". Parkour adalah sebuah seni berpindah tempat dari poin A ke poin B secepat dan seefisien mungkin yang diperkenalkan oleh David Belle. Tetapi setiap jalan itu tidak selalu mulus pasti ada rintangan yang harus dilalui untuk pindah dari poin A ke poin B. Misalnya, kita dari gedung A ke gedung B pasti untuk sampai ke tujuan ada rintangan yang menghadang sehingga kita ditantang untuk melewatinya agar sampai tujuan secepat dan seefisien mungkin. Dari sini bisa kita pelajari kita bayangkan saja track dari poin A ke poin B itu adalah jalan hidup kita dan disana ada rintangan begitulah hidup pasti ada rintangan dan ujiannya untuk itu kita kita harus melewatinya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan Parkour juga melatih mental dan konsentrasi, karena rintangan-rintangan dalam parkour membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan harus bisa mengatasi rasa takut karena medan-medan parkour itu biasanya medan yang bisa dibilang "impossible" karena medan tersebut seperti melompat dari gedung ke gedung melewati tembok yang tinggi, melompat dari ketinggian. Semua itu butuh konsentrasi dan harus bisa mengatasi rasa takut karena kalau tidak kita tidak akan pernah bisa.
seperti kutipan dari David Belle sebagai berikut,
" Orang yang takut tidak akan bisa apa-apa dan tidak akan menjadi apa-apa."
Jadi atasilah rasa takutmu jangan takut mencoba, janganlah takut gagal asal kita terus berusaha kita pasti bisa meraih tujuan kita. Janganlah lari dari masalah tapi hadapilah masalahmu dengan cara yang indah, efisien, dan cepat. parkour ini adalah olahraga yang bebas dan menentang kompetisi. Tidak ada istilah rival dalam parkour tidak ada yang saling menjatuhkan di dalam parkour tidak ada istilah senior atau junior kita semua berlatih bersama, apabila ada teman yang tidak bisa segera ajarkan dan berikan tips agar dia juga bisa konsep kekeluargaan seperti itulah yang patut ditiru. Parkour juga merupakan olahraga yang dilakukan seumur hidup tidak ada batasan usia sehingga tidak usah terburu-buru agar bisa melakukan trik ini itu. Banyak orang yang saat berlatih dia melihat orang yang bisa flip,melakukan trik-trik yang mengagumkan lalu dia segera mencobanya padahal tubuh dia sendiri belumlah siap tidakkah dia berpikir berapa bulan,berapa tahun orang tersebut bisa mempersiapkan fisik mereka untuk melakukan trik-trik itu semua. Untuk itulah tak perlu terburu-buru persiapkan mental dan fisikmu dulu karena masalah teknik itu sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Karena tidak berpikir seperti itu mereka langsung mencoba trik-trik tersebut padahal tubuh mereka belum siap, memang dia pasti juga bisa flip, vault, dll. tetapi mereka tidak tahu efek apa yang akan ditimbulkan, ya saat tua nanti pasti akan terasa tubuh malah akan hancur. Jadi janganlah merasa latihan fisik yang kalian lakukan saat ini tidak ada artinya, janganlah iri melihat orang bisa melakukan trik-trik yang mengagumkan persiapkanlah dirimu terlebih dahulu karena parkour ini menyehatkan dan bukan menyakitkan. Sekian pengalaman saya tentang parkour, keep flowin' guys and control your fear. See Ya!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)